Hiking Boot Accessories – Hiking Socks, Sol, Laces, Dan Crampon

Sebelum Anda pergi berbelanja sepasang sepatu hiking, Anda harus memiliki beberapa aksesoris terlebih dahulu. Artikel ini akan memberi tahu Anda apa yang perlu Anda ketahui tentang kaus kaki dan sepatu hiking untuk sepatu hiking Anda sehingga Anda yakin untuk mendapatkan yang pas. Ini juga akan membahas beberapa aksesori lain yang mungkin perlu Anda pikirkan sebelum memilih.

Pada artikel ini, kita terutama akan berbicara tentang aksesori itu sendiri, tetapi Anda harus ingat bahwa banyak dari aksesori ini akan terlibat dalam pilihan sepatu hiking Anda. Ini terutama benar ketika memilih ukuran yang tepat. Sepatu bot hiking Anda tidak hanya pas untuk kaki Anda, tetapi kaus kaki dan sol dan setiap sisipan khusus yang Anda gunakan.

Jadi, mari kita bicara tentang kaus kaki hiking, sol, tali, dan crampon, dan bagaimana ini mempengaruhi pilihan sepatu hiking Anda.

Kaus kaki hiking

Setidaknya ada dua jenis kaus kaki pendakian umum, dan jika Anda merencanakan pendakian serius, Anda akan membutuhkan keduanya:

1. Kaus kaki bantalan dan isolasi.

2. Kaus kaki kapal.

Anda dapat melakukannya tanpa liner pada kenaikan yang lebih pendek, termasuk sebagian besar kenaikan harian. Saya memakai liner hanya pada kenaikan backpacking multi-hari.

Apa pun kaus kaki yang akhirnya Anda pilih, pilih yang pertama, dan kenakan saat Anda berbelanja sepatu hiking. Sepatu hiking Anda harus pas dengan kaus kaki. Dan dalam cuaca yang lebih dingin, Anda mungkin membutuhkan dua pasang kaus kaki bantalan dan insulasi, jadi pastikan sepatu bot Anda dapat menampungnya.

Kedua jenis kaus kaki harus terbuat dari bahan wicking yang akan menarik kelembapan dari kulit Anda. Wol adalah satu-satunya bahan wicking alami yang bagus untuk dipakai. (Sutra juga berfungsi untuk kaus kaki, tetapi tidak tahan lama.) Kapas hanya menyerap kelembapan dan menahannya, tanpa melenyapkannya. Beberapa komposisi polipropilen dan nilon dapat menjadi bahan penggaruk yang efektif bagi mereka yang alergi terhadap wol.

Kaus kaki liner berada di sebelah kulit Anda. Mereka harus sangat halus. Di sinilah Anda dapat menggunakan sutra atau nilon tipis jika Anda siap untuk mengganti kaus kaki setiap kenaikan lainnya. Atau Anda bisa menggunakan kaus kaki wol yang sangat halus. Kaos kaki polipropilen, meskipun kaus kaki itu terlihat sangat halus dan halus, biasanya terlalu kasar untuk lintas jalur.

Kaus kaki bantalan dan insulasi, yang Anda perlukan bahkan untuk hiking moderat, harus cukup tebal untuk menjaga kaki Anda hangat dan untuk menopang dampak dari jalan kaki yang berat. Mereka tidak harus lunak, kecuali Anda melakukannya tanpa kaus kaki. Wol adalah yang terbaik, kecuali Anda alergi terhadapnya, dalam hal ini Anda dapat menggunakan polipropilena atau kaus kaki nilon yang lebih berat (atau campuran dari bahan sintetis ini).

Apa pun yang Anda pilih, dan apa pun jenis hiking yang Anda rencanakan, uji kaus kaki Anda pada sesuatu yang tidak terlalu berat terlebih dahulu. Cobalah mereka pada kenaikan yang lebih pendek, atau dalam berjalan sehari-hari Anda, dan periksa hot spot. Jika kaus kaki Anda membuat titik-titik panas pada kaki Anda setelah beberapa mil berjalan, mereka akan menyebabkan lecet pada kenaikan yang lebih lama. Anda ingin belajar sedekat ini dengan rumah, dan tidak keluar di tengah hutan belantara. Bahkan jika Anda seorang pejalan kaki yang berpengalaman, jika Anda mencoba kaus kaki jenis baru, cobalah berjalan kaki singkat sebelum Anda berkomitmen untuk melakukan perjalanan panjang.

Sol dan Sisipan Ortopedi

Sol yang empuk dapat membuat dunia berbeda dalam kenyamanan hiking Anda. Meskipun sepatu hiking memiliki bantalan internal, sebaiknya gunakan sol yang bisa dilepas yang bisa Anda ganti secara berkala. Dengan begitu, jika Anda memakainya, Anda bisa mendapatkan pasangan baru daripada harus memperbaiki sepatu hiking Anda.

Ada beragam sol yang dapat dilepas di luar sana. Saya tidak akan merekomendasikan tipe tertentu, karena ini sebagian besar masalah preferensi pribadi. Saya hanya akan merekomendasikan dua hal:

1. Cobalah mereka pada kenaikan pendek atau dalam berjalan sehari-hari Anda sebelum Anda memulai mendaki panjang. Jika Anda tidak menyukainya, coba jenis yang lain.

2. Bawalah mereka saat berbelanja untuk sepatu hiking Anda. Sepatu bot Anda harus pas dengan sol dalam yang ada, jadi pilihlah ukuran sepatu hiking yang pas dengan kaki, kaus kaki, dan sol Anda.

Jika Anda mengenakan sisipan ortopedi di sepatu Anda, bawalah mereka saat berbelanja sepatu hiking. Sekali lagi, sepatu hiking Anda harus sesuai dengan semua yang akan Anda masukkan ke dalamnya.

Tali untuk Sepatu Hiking

Tali adalah salah satu aksesori untuk sepatu hiking yang bisa Anda pikirkan sesudahnya. Tali yang datang dengan sepatu hiking Anda mungkin baik-baik saja. Namun, Anda akan ingin membawa satu set tali ekstra pada perjalanan panjang, jika salah satu rusak. Anda bahkan mungkin ingin mengganti tali sepatu sebelum tali putus, jika Anda menemukan alasan untuk tidak menyukai sepatu yang datang dengan sepatu bot Anda.

Umumnya, tali sepatu adalah jalinan nilon atau sintetis serupa. Anda bisa mendapatkan tali boot kulit mentah, tetapi ini bermasalah. Ya, mereka mungkin bertahan lebih lama dari nilon yang dikepang, tetapi itu mungkin berarti Anda harus menghadapi masalah yang mereka sebabkan lebih lama. Masalah dengan tali boot kulit mentah adalah:

* Mereka cenderung meregang dengan perubahan kelembaban, atau bahkan dengan berlalunya waktu. Ini membutuhkan penyesuaian yang sering.

* Kulit mentah padat dapat memiliki tepi tajam yang dapat memotong tangan Anda saat Anda menyesuaikan atau mengikatnya. Ini kurang benar untuk jalinan kulit mentah atau kulit mentah yang ditutupi dengan kulit nilon yang dikepang.

Cari tali dengan penampang bulat. Tali sepatu flat mungkin terlihat gaya pada sepatu bot Anda, tetapi mereka cenderung lebih mudah patah daripada yang bundar.

Crampon

Crampon adalah aksesori yang dapat Anda lampirkan pada sepatu hiking Anda untuk traksi di atas es dan salju. Mereka biasanya paku logam, kadang-kadang plastik, dalam bingkai yang pas di bawah sol sepatu hiking Anda, terpasang oleh tali atau klem disesuaikan.

Ada crampon tugas berat yang dirancang untuk panjat es. Ini di luar ruang lingkup artikel ini. Perlu diketahui bahwa mereka ada, dan ketika Anda melihat paku beruang-perangkap raksasa mencuat dari bagian bawah dan depan crampon, bergerak maju dan pilih pasangan yang kurang agresif.

Crampon ringan dapat menempel pada sepatu hiking Anda bahkan jika sepatu hiking Anda tidak memiliki poin lampiran crampon yang dibuat khusus. Pastikan sepatu hiking Anda memiliki bibir yang berbeda di bagian atas sol sepatu yang dapat dilampirkan crampon.

Ada aksesoris traksi yang dirancang untuk berjalan di trotoar es, tetapi ini tidak cocok untuk hiking. Mereka tidak tahan dengan tekanan berjalan di lereng yang curam, dan mereka tidak tahan dengan banyak keausan. Pastikan Anda memilih sepasang crampon yang dibuat khusus untuk hiking.

Crampon konvensional memperpanjang panjang penuh sepatu hiking Anda. Anda juga dapat menemukan crampon yang hanya pas di punggung kaki dan tidak sampai ke tumit atau jari kaki. Saya telah menggunakan ini, dan mereka bekerja lebih baik dari yang Anda harapkan. Anda harus ingat untuk tidak berjalan di atas jari-jari kaki Anda ketika Anda melewati tambalan es, tetapi saya menemukan bahwa ini tetap alami secara alami. Reaksi alami Anda terhadap lereng es adalah berjalan dengan kaki menyamping ke lereng dan menggali dengan tepi sepatu bot Anda, dan di situlah paku crampon setengah panjang ini berada. Bekerja dengan indah.

Kesimpulan

Hal utama yang perlu diingat tentang aksesori untuk sepatu hiking Anda adalah memikirkannya terlebih dahulu. Pilih kaus kaki dan sol Anda terlebih dahulu, dan bawalah mereka dan sisipan ortopedi apa pun yang Anda butuhkan saat berbelanja sepatu hiking sehingga Anda bisa mendapatkan yang pas. Pikirkan apakah Anda membutuhkan crampon, dan pastikan sepatu hiking Anda dapat mengakomodasi mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *